E-Learning (2 : Kalimat tanpa kata kerja bantu)

Hello ! Let’s go on with what we were doing in previous post! Fighting!

Jadi sekarang aku mau jelasin tentang 3 bentuk kalimat yang NGGA BUTUH kata kerja bantu except To be. Nah loh pasti udah lupa apa itu kata kerja bantu ,anjir memorinya dikit amat mas/mbak :p Aku bantu dah ,kata kerja bantu : to be (am ,is ,are) ,do/does ,have/has ,shall ,will ,can ,may ,must. Jg lupa lagi woy! :O

Nah jadi ,3 kalimat ini adalah…

Subjek + Be + Adjective

Example : I am lucky. (Saya beruntung)             He is smart (Dia pintar)

     I am pretty (Saya cantik #eh 😀 )      Marie is clever (Marie pintar)

     Manon and Jordan are hungry (Manon dan Jordan lapar)

So disini , «lucky ,smart ,pretty ,clever ,hungry» adalah contoh dari Adjective. Adjective itu bahasa indo-nya Kata sifat ,dia tu memberikan informasi tentang sebuah benda/kata ganti pada awal sebuah kalimat ,yang disebut Subjek. Sebuah kalimat harus punya Subjek (S) + Predikat (P).

Next!

Subjek + Be + Noun phrase

Example :  I am a boy (Saya laki2)    He is a driver (Dia adalah seorang sopir)

     It is a book (Itu adalah sebuah buku)

     We are students (Kita adalah para murid).

Kalo yang satu ini , «a boy ,a driver ,a book ,students» adalah contoh dari Noun phrase aka Kata benda.

PS : Kata a ,an didepan kata benda adalah sebuah artikel yg artinya Sebuah/Seorang/Satu. Akhiran s pada kata benda menunjukkan kalo kata benda tersebut jumlahnya banyak ,lebih dari satu ,tapi kalo dia banyak kita jadi gak perlu nambahin a ,an sebelumnya (nah logic kan ,masak a tables = sebuah meja meja ,ngaco! 😀 )

Kita pake a : kalo huruf pertama dari Noun phrase nya adalah  A I U E O. Example : a mouse (seekor tikus)

Dan pake an : kalo huruf pertamanya huruf mati. Example : an elephant (seekor gajah)

Dan lastly …

Subjek + Be + Prepositional phrase/Adverb

Example : I am from Java (Saya dari Jawa)   He is on the way (Dia ada di jalan)

We are at classroom (Kita di dalam kelas)

    They are at police station (Mereka di kantor polisi).

«from Java ,on the way ,classroom ,police station» adalah Prepositional phrase ,yaitu frasa yang dimulai dengan kata depan (preposition) : from (dari),at (di) ,in (didalam) ,on (diatas). Gampangnya sih didalam preposition ada POSITION jadi untuk menunjukkan tempat ,lokasi ,posisi kamu dimana. Sedangkan Adverb tu kata keterangan.

Example kata depan (preposition) : at ,in ,on ,from ,next to (di samping),above (di atas tapi gak nempel dengan benda di bumi ,contoh : langit-langit),behind ,between (di antara) ,under (di bawah).

Capek ya? Banyak banget yang harus diingat? Semangat!

Next lesson!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: